APA PENGERTIAN ILMU DAN PENGETAHUAN?


        Manusia memiliki kelebihan dibanding dengan makhluk-makhluk yang telah diciptakan oleh Allah. Kelebihannya terletak pada akal atau pikirian, hal itu yang menjadikan manusia sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah yang sempurna. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk berpikir dari mulai ia lahir hingga ia masuk ke liang lahat. Hampir tak ada masalah yang menyangkut peri kehidupan yang terlepas dari jangkauan pikirannya, dari soal paling remeh sampai soal paling asasi, dari pertanyaan yang menyangkut sarapan pagi sampai persoalan surga dan neraka diakhir nanti. 
        Berpikir itulah yang menceritakan tentang hakekat manusia dan karena berpikirlah dia menjadi manusia. Berpikir pada dasarnya merupakan sebuah proses yang membuahkan pengetahuan. Pengetahuan yang merupakan produk kegiatan berpikir merupakan obor dan semen peradaban dimana manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan jalan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya. Proses penemuan dan penerapan itulah yang menghasilkan kapak dan batu zaman dahulu sampai komputer hari ini. Meskipun kelihatannya tampak banyak memperoleh buah dari pemikirannya yang beraneka ragam. Namun, pada hakekatnya manusia memperoleh pengetahuannya berdasarkan pada tiga pokok masalah seperti ini:
1. Apakah yang ingin kita ketahui?
2. Bagaimana kita memperoleh ilmu pengetahuan?
3. Dan apakah nilai pengetahuan tersebut bagi kita?
    Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna. Dalam pengertian lain, pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut.
        Selain itu dalam kata “Ilmu pengetahuan” terdapat kata “ilmu” yang sering disalah artikan dengan “ilmu pengetahuan,” yang bahasa Inggrisnya science. Di dalam Webster Dictionary, kata science berarti knowledge or a system knowledge covering general truths or the operation of general laws especially as obtained and tested through scientific method. Apabila pengertian ini diikuti, kebenaran yang tidak diperoleh dan diuji melalui scientific method atau metode ilmiah bukanlah science. Bahwa suatu pengetahuan yang diperoleh tanpa melalui prinsip-prinsip dan prosedur formulasi masalah dan hipotesis dan tidak diverifikasi oleh data hasil observasi dan eksperimen bukanlah ilmu pengetahuan. Dengan demikian, yang disebut ilmu pengetahuan hanya bertalian dengan dunia yang kasatmata atau dapat diindira yang bahasa akademisnya bersifat empiris.

Daftar Pustaka
Marzuki, Peter Mahmud. Pengantar Ilmu Hukum, Prenadamedia Group, Jakarta, 2008. 
Suriasumantri, Jujun S. Ilmu Dalam Perespektif, Yayasan Obor Inndonesia, Jakarta, 2006.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengetahuan
https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu

Comments